Latest News

Monday 10 February 2014

jQuery Efek fadeIn dan fadeOut Page Load Blog

jQuery Efek fadeIn dan fadeOut Page Load BlogjQuery Efek fadeIn dan fadeOut Page Load Blog – tulisan ini saya latar belakangi karena semula page load blog ini yang lumayan lambat karena banyaknya javascript yang saya gunakan sehingga pada saat loading membuka halaman tampilannya sedikit terganggu dan terlihat kurang rapi. Untuk mengatasi hal ini maka timbul inspirasi untuk menutupi kekurangan tersebut agar pada saat halaman blog terbuka sudah dalam tampilan seutuhnya sesuai tata letak masing-masing elemen. Namun perlu diketahui, ini bukan berarti mempercepat loading blog akan tetapi hanya memanipulasi halaman pada saat proses loading sehingga saat browser memuat (membaca javascript yang tergolong lama) dan terkadang menyebabkan tampilan halaman sedikit acak-acakan maka supaya tidak terlihat saya menggunakan cara ini untuk menutupi kemungkinan tersebut. Mungkin apabila di antara kalian ada yang mengalami masalah seperti halnya dengan blog ini, bisa menggunakan cara ini sebagai alternatife untuk memanipulasi halaman dengan membuat efek fadeIn dan fadeOut agar setiap kali pengunjung masuk dan menjelajahi blog dengan link yang ada maka setiap kali browser memuat halaman akan menampilkan efek halaman yang memudar terlebih dahulu dan saat halaman terbuka sudah dalam tampilan yang rapi pastinya.

Efek fadeIn Page Load Blog

Efek ini yang saya gunakan pada blog ini, demonya bisa di lihat saat membuka salah satu halaman di blog ini. Walaupun sederhana namun lumayan untuk memanipulasi loading halaman blog. Script yang di gunakan seperti dibawah ini, cara memasangnya masuk ke Edit HTML lalu taruh di atas kode </body>

<script type='text/javascript'>
$(document).ready(function () {
$('body').hide().fadeIn(5000).delay(500)
});
</script>
Script diatas sudah bisa berjalan. Namun biasanya setelah layout blog sudah nampak terlihat akan tetapi efek baru akan mulai berjalan. Untuk menghilangkan terlebih dahulu, bisa menggunakan CSS body{display:none} untuk menyembunyikan body sebelum script berjalan.

Efek fadeIn dan fadeOut Page Load Blog

Untuk yang ini dengan sedikit tambahan efek pada saat keluar dari halaman (meninggalkan halaman). Pada saat berpindah halaman maka akan timbul efek fadeOut atau halaman akan memudar terlebih dahulu sebelum ke link halaman berikutnya. Cara kerja dari script di bawah adalah menyeleksi seluruh link yang ada pada halaman blog tersebut, sehingga mungkin apabila pada blog tersebut terdapat salah satu link untuk menampilkan lightbox atau modal dialog mungkin akan bentrok dan salah satu dari efek tersebut tidak berjalan. Untuk menerapkannya kedalam blog caranya sama seperti langkah di atas, dengan menaruhnya di atas kode </body>

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
$(document).ready(function () {
$("body").css("z-index", "-10");
$("body").fadeIn(5000);
$("a").click(function (event) {
event.preventDefault();
linkLocation = this.href;
$("body").fadeOut(1000, redirectPage);
});

function redirectPage() {
window.location = linkLocation;
}
});
//]]>
</script>
Namun sebelum menerapkan cara di atas juga perlu dipastikan bahwa di template blog juga sudah terpasang jQuery, bisa menggunakan versi terbaru atau bisa juga versi dibawahnya.

<script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.10.2/jquery.min.js'/>
Apabila sebelumnya sudah terdapat kode tersebut maka abaikan saja kode diatas karena tidak perlu memasangnya lagi.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 comments:

- Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.
- Untuk pertanyaan di luar topik artikel silahkan tag [OOT]

Item Reviewed: jQuery Efek fadeIn dan fadeOut Page Load Blog 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Scroll to Top